https://1.bp.blogspot.com/-W8ZH3pqgvoE/XU8_SmuTQ1I/AAAAAAAADRY/etmtfUIcSLc3jksrOEx4ZxbUprGTrwCfACLcBGAs/s640/1rx923Z.gif

Jumat, 02 Agustus 2019

Jauhi Hoax Soal Gempa Yang Berkaitan Mistis


Jakarta - Gempa Banten magnitudo 7,4 turut membuat sebuah akun di Facebook ramai karena sejumlah postingannya dianggap berisikan prediksi akurat. Benarkah?

Gempa Banten baru saja melanda dan setidaknya terasa cukup kencang sampai DKI Jakarta, Depok, hingga Tangerang. BMKG pun sudah mengeluarkan peringatan dini Tsunami untuk wilayah Banten, Bengkulu, Jawa Barat, dan Lampung.

Segera setelah gempa melanda, Menkominfo Rudiantara juga langsung mengingatkan masyarakat agar berhati-hati mencerna informasi yang beredar, terutama di medsos, sekaligus tetap waspada.

Mari kita semuanya untuk waspada dan terutama jangan sebarkan hoax, karena kita harus hati - hati mencerna informasi yang beredar terutama dimedsos villabetting.

Setali tiga uang, netizen pun sudah saling mengingatkan agar tidak lantas percaya dengan informasi-informasi terkait gempa yang belum jelas keabsahannya, masih simpang siur, ataupun datang dari sumber tak resmi.

Terkait dengan hal tersebut, secara bersamaan sebuah akun di Facebook mendadak ramai dibahas netizen. Salah satunya karena sebuah postingannya yang berisikan tulisan dirinya bisa meramalkan akan datang gempa nanti sore antara jam 7 dan jam 8.

Seperti diketahui gempa Banten memang melanda di kisaran pukul tersebut. Sontak, ramalan si pemilik akun pun banyak diperbincangkan karena dianggap akurat.Faktanya, mengutip keterangan BMKG pada akhir Juli lalu, belum ada satupun orang di dunia gedungtogel maupun teknologi yang dapat memprediksi terjadinya gempa bumi dengan tepat dan akurat.

Pernyataan itu terlontar saat mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing isu ancaman gempa bumi dan tsunami di Pantai Selatan Jawa. Menurutnya, berdasarkan kajian para ahli zona megathrust selatan Jawa memang memiliki potensi gempa dengan magnitudo maksimum M 8,8.





2 komentar: